Pages

Rabu, 22 Mei 2013

arsitektur tropis

  • 1. Desain Arsitektur TropisDesain arsitektur tropis adalah tipe rumah yang paling cocok untuk iklim Indonesia. Walaupunbegitu, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan di daerah tropis ini. Contohnya, suhuudara yang cenderung hangat setiap tahunnya, serta curah hujan tinggi.Suhu udara yang hangat bisa diantisipasi lewat desain dengan bukaan jendela dan pintu yangbesar atau lebar. Ada kaitan antara ruangan yang membebaskan sirkulasi angin di dalamnya.Sementara itu plafonnya dirancang cukup tinggi untuk pertukaran udara dingin dan panas.Bukaan yang lebar dimaksimalkan dengan menerapkan teras di sekeliling rumah untukmenghindari curah air hujan mengenai jendel dengan langsung. Untuk penanganan curahhujan yang cukup tinggi, pemilik rumah perlu mencermati tipe bangunan saat membangunrumah.Atap rumah didesain untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. Saat musim hujandatang, volume air yang jatuh ke atap rumah cukuplah banyak. Atap harus bisa mengalirkan airdengan lancar dan cepat ke bawah.Atap rumah anda harus diperhatikan untuk menghindari kebocoran saat hujan tiba. Kebocoransering terjadi pada atap beton yang secara terus-menerus terkena perubahan cuaca ekstrimsehingga dapat menimbulkan penjamuran atau lumut di atap rumah.Untuk menghindarkan kebocoran serta menghindari keretakan yang dapat mengakibatkankelembaban serta munculnya jamur, dibutuhkan produk lapisan pelindung anti bocor agar bisamelindungi konstruksi bangunan rumah. Ketahanan beton tersebut harus diperhatikan.
  • 2. Paduan Arsitektur Tropis dengan Minimalis/KontemporerSelain aspek Iklim, Arsitektur tropis juga dipengaruhi olehArsitektur modern (Minimalis/Kontemporer). Pengaruh Arsitekturini terlihat pada paduan massa, ragam ornamen serta teksturpenggunaan material. Bentuk Geometris dan modifikasi atapmiring dengan teras dan teritisan yang lebar menjadi ciri khasgaya Arsitektur ini. Serta tidak adanya simbol atau icon padabangunan atau bangunan modifikasinya arsitektur modern yangsimple dan sederhana yaitu baik segi kualitas ruang maupun polageometri yang dihadirkan.Yang berikut ini adalah paduan arsitektur dengan minimalis 
  • 3. RUMAH TINGGAL DENGAN DESAIN MINIMALIS TROPISDesain arsitektur tropis adalah tipe rumah yang sangat cocok untuk iklim diIndonesia. Walaupun begitu, terdapat faktor yang perlu diperhatikandidaerah tropis ini, contohnya : suhu, curah hujan, matahari, arah mataangin, dsb yang berhubungan dengan iklim dan cuaca tropis.Pengertian umumnya adalah sebuah konsep desain yang beradaptasidengan lingkungan yang tropis Tetapi bukan berarti melupakan sisi estetika.Hanya disini hal yang paling utama adalah sebuah respon positif dari efekiklim tropis itu sendiri.Karena lingkungan yang tropis memiliki iklim dengan panas yangmenyengat, pergerakan udara, dan curah hujan yang cukup tinggi. Olehsebab itu dalam konsep arsitektur tropis ini juga ada upaya yang harusdicegah dari timbulnya efek iklim tropis. Seperti faktorkelembaban, perubahan suhu, kesehatah udara.Pada bangunan arsitektur tropis juga didukung dengan materialnya yangbanyak dengan material loka dan alami. seperti kayu, bambu, dll.Bukaan untuk bangunan arsitektur tropis harus memperhatikan arahpencahayaan matahari pagi dan sore. Agar tercipta suhu dalam bangunanyang cukup nyaman dan sehat. Juga sirkulasi udara yang dirasa akan cukupsebagai udara yang sehat. Arah mata angin yaitu aspek arsitektur tropis  
  • 4. Denah lantai yang diperlihatkan adalah kemampuan untuk dapat menciptakan paduan ruang-ruang dan bentuk yang dapatmemberikan kenyamanan secara psikologis maupun fisik kepada penggunanya.Pengorganisasian ruang-ruang seperti zona service yang dioptimalkan oleh perancang agar selalu berdekatan dengan tamanatau penghijauan yang dimaksudkan agar penyerapan aroma seperti dapur dan toilet itu maksimal sehingga aroma dari zonaservice ini tidak berada didalam ruangan terlalu lama dan menyebar ke ruang-ruang lainnya secara cepat. Tentu juga denganventilasi jendela yang tepat yaitu keluar mengarah kepenghijauan tersebut baik yang ada diluar atau didalam bangunan rumahtinggal ini.Dapur yang banyak menimbulkan aroma dan wangi-wangian dari masakan juga dipaksa keluar dengan adanya terasdibelakang ruang dapur ini. Lalu ditangkap oleh taman-taman kecil diluar bangunan. Sementara disaat tidak masak pun udarasegar dari taman-taman diluar bangunan ini dapat masuk kedalam dapur sehingga memberi kesan tersendiri didapur agar tidakterlalu sumpek dan apek oleh aktivitas didapur.Jadi adanya cross sirkulasi dalam bangunan yang sangat baik dan dapat dikontrol perancang di iklim tropis yang tentunyapaham akan angin, matahari, curah hujan dan sebagainya lah yang dimaksudkan berhasil dalam menerapkan arsitektur tropisini didalam bangunan rumah tinggal maupun lainnya.Ruang makan yang memiliki pemandangan taman keluar bangunan juga sangat baik selain dari sisi psikologis penghuni jugaadanya sirkulasi dari dalam keluar melalui jendela disini.Ruang tamu memiliki banyak bukaan baik secara langsung yaitu jendela dapat dibuka sehingga udara dapat keluar masukmaupun secara tidak langsung yaitu jendela tertutup bermaterial kaca yang dimaksudkan untuk pencahayaan alami yangdimaksimalkan dengan adanya jendela sudut yang luas namun tetap cantik dan memiliki fungsi yang baik untuk pencahayaanalaminya disiang hari.Carport, pemilihan carport daripada garaasi disini juga sangat bai yang mana mobil atau kendaraan pastinya mengeluarkan uapyang tidak baik dan suara yang bising sehingga apabila memakai garasi maka tidak dapat diolah secara alami kepergian uapdan kebisingan yang meredam didalam ruangan yang mengakibatkan terjadinya panas saat menghidupkan kendaraan dansaat datangnya kendaraan kebangunan. Tropis disini tentunya harus mengolah dan memperhatikan udara dan kelembapanyang harus dipindahkan dari dalam rumah keluar rumah. Sirkulasi udara maksimal sangat diperlukan dalam bangunan tropisini. jadinya jika penggunaan penyimpanan kendaraan memiliki bukaan yang lebar, luas dan aman dari iklim tropis itu sendirimaka hal itu lah yang baik digunakan dibangunan rumah tinggal.
  • 5. TAMPAK BANGUNAN RUMA TINGGAL ARSITEKTUR MINIMALIS TROPIS TAMPAK UTARASuhu yang tinggi pada daerah tropismenyebabkan banyak terdapat bukaan-bukaanpada desain arsitektur tropis itu sendiri, pintudan jendela dengan bukaan-bukaan yang luas.Jarak antara langit-langit rumah yang tinggi.Serta ventilasi seperti rumah tinggal ini yangbanyak dan berulang-ulang pada arah ini utarayang mana tidak menerima cahaya mataharilangsung sehingga baik untuk masuk kedalamrumah atau ruangan. Ventilasi dan sirkulasiudara yang dimaksud untuk meningkatkankenyaman dan kesehatan penghuni rumahsehingga ada proses keluar masuknya udara.
  • 6. TAMPAK TIMUR Bangunan ini yang secara langsung terkena cahaya matahari timur yaitu berkisar antara siang jam 13.00-17.30 maka harus memiliki cara untuk mengantisipasinya dikarenakan panasnya matahari pada orientasi ini juga karena kesilauan yang terjadi saat posisi matahari di orientasi ini, sehingga sekat dinding yang menjadi batasan area dengan tetangga ini juga bisa dijadikan salah satu pelindung dari matahari, tentu itu tidak maksimal karena matahari bergerak berputar sampai sore maka solusi lain adalah penerapan kanopi pada bangunan. Kanopi juga hadir sebagai pengganti atap di area selasar depan, atas bangunan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...