Pages

Rabu, 22 Mei 2013

Enam Konsep Arsitektur Go Green

Prisip Go Green memang telah dicanangkan oleh setiap negara, begitu pula dengan arsitekturnya, mereka mulai menerapkan konsep dengan sumber daya yang efisien dan ramah lingkungan. Nah, berikut ini ada 6 konsep arsitektur keren masa depan;
1. Vertical Theme Park of the Future

 Konsep taman gedung pencakar langit masa depan ini berbasis di New York, dan dibuat oleh arsitek Ju-Hyun Kim. Mengadopsi dari Disneyland, konsep ini mencoba menciptakan dunia yang berbeda namun berbasis pada suasana kota sebagaimana mestinya. Dimana dari konsep ini diharapkan akan menjadi sebuah taman tanpa mobil, bangunan berkelanjutan yang memanfaatkan energi surya dan hijau, mendaur ulang limbah, serta dapat menampung air hujan.


2. Weave Housing
Ini adalah sebuah konsep tempat tinggal prefabrikasi modular, pada bangunan bertingkat yang terbuat dari beton ringan. Meskipun semua ruang apartemen tampak sempit dan panjang, tapi beberapa diantaranya terdiri dari beberapa unit yang memungkinkan untuk pengembangan lantai yang lebih menarik dan ruang tambahan.

3. Twisting Acupuncture Tower for Taiwan

Konsep bangunan dengan desain Spiral ini diselimuti oleh membran alga dan sanggup memproduksi biofuel. Aristektur ini dikhususkan bagi Taiwan’s Khaosiung port city, dimana nantinya dapat dimanfaatkan juga sebagai sarana desilinasi, penyerapan sinar matahari sebagai sumber energi dan daur ulang limbah.

 4. Vertical City for Venezuela Slums



 Ini merupakan konsep menara yang mampu mengasilkan sumber energi angin, dimana terdapat turbin mikro yang disisipkan. Menara ini terdiri dari 3 oval yang saling tumpang tindih, masing-masingnya akan ditempatkan oleh kelompok pengguna yang berbeda, yaitu mulai dari ritel, hotel, apartemen, hingga perkantoran.  

5. Spiral Tower: Suburban Living in Berlin





 Konsep perumahan ini berada pada gedung menara bertingkat dengan prinsip lingkungan hidup yang berkelanjutan. Pola saling silang antar ruang akan memungkinkan memberi jarak yang cukup untuk teras taman di setiap ruang apartemen. Bangunan ini juga mampu mengahasilkan sumber energi terbarukan, dengan adanya perangakat panel surya, turbin angin, dan beberapa penampung air hujan.

6. Reflections Development in Singapore



 Konsep ini telah dibangun, dan rencananya akan rampung di akhir tahun 2011. 6 tower dihubungkan oleh jembatan langit yang didalamnya menyediakan kantong-kantong ruang terbuka ini memberi pemandangan spektakuler di sekitarnya. Reflections Development in Singapore menampung 1.129 unit hunian, bangunan ini juga telah memperoleh Singapore’s Green Mark Gold Award, untuk kemampuannya dalam hal penghematan energi yang masiv.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...